6 tips dan langkah-langkah melamar kerja

Saatnya menentukan karir, setelah selesai kuliah harusnya ada dua opsi yang harus kita pilih yaitu kerja apa usaha. Yang mau milih kerja harus komitmen kerja di dunia apa yang mau di ambil, so yang mau milih usaha juga harus komit dengan tujuannya ingin meningkatkan taraf hidup pribadi and pastinya bakalan membuka lowongan kerja baru bagi orang lain, tul..

Tapi kali ini saya akan membahas tentang beberapa tips atau langkah-langkah yang menarik yang harus kita jalani ketika melamar kerja.,,

1). Dekatkan atau slalu update dengan media sosial, like koran harian, majalah kah, atau situs-situs yang bermotivasi menyarurkan tenaga kerja seperti jobstreet.com atau yang sejenisnya, tapi jangan sembarangan ambil situs and ditelan mentah-mentah informasinya, baca fahami dan doing.

2). Pilih salah satu atau beberapa tawaran dari tawaran-tawaran kerja yang cocok dengan diri kita baik itu dari segi hobi, kebiasaan, or kemampuan kita. Jangan sesekali memaksakan kehendak ingin bekerja bukan dalam bidang yang dikuasai atau disukai, kacuali sih akan adanya pelatihan yang ditawarkan oleh perusahaan terkait cuy,,

3). Masukan lamaran kerja atau bahasa kerennya job aplication ke perusahaan yang udah kita tentukan pada point ke dua tadi, so ada beberapa cara cuy untuk memasukannya: bisa dikirim via pos, ato langsung ama kita, yang simpel sih via surat elektronik ato e-mail. Tapi ingat jangan sembarangan mengirimkan, terserah sih kalo mau hambur-hamburin uang mah., tapi saran deh masukin yang tertera dalam iklan nama dan alamat lengkap perusahaan seperti: PT. Bank Danamon Indonesia Tbk (Jl………… Bandung Tlp.022xxxx) dan seterusnya-dan seterusnya. Jangan sesekali deh nyobain yang perusaannya disebutakan ketika kita dipanggil interview aja sebelumnya di hiden (kayak virus aja mainannya hiden), mending kalo bener kalo nggak kita malah disuruh iuran dulu kan repot (maksudnya pungli-pungli).

4). Ceritanya ada yang manggil nih dari sekian banyak lamaran yang kita apply, nah proses pemanggilannya pun beraneka ragam ada yang jentel langsung di telpon, ada yang malu-malu di sms aja manggilnya, ada juga yang IT bangets caranya kita dikirimin panggilan inteview lewat e-mail. Dari berbagai jenis pemanggilan bisa mencerminkan karakter perusahaan. Kita bisa memilah-milah perusahaan mana yang pantas kita datengin untuk interview. Perusahaan yang bonafid nih dan nyata keberadaannya dan yang bakalan memperhatikan kesejahteraan karyawannya kelak nati ketika sudah di terima sebagai karyawan bisasanya menggunakan Telpon, ato ada juga yang di e-mail namun pastinya di telpon juga. Kalo di sms mah kita harus menganalisa dulu bagaimana kata-katanya. dan jangan lupa sebelum dateng interview kita diwajibkan nyanya dulu ama mang google tentang keberadaan dan pergerakan perusahan yang akan kita datengin, sip cuy.

5). Proses sleksi perusahaan yang mutlak kita jalanin, yang namanya perusahaan swasta pasti menginginkan karyawan-karyawan yang disiplin bededikasi tinggi dan bla bla bla… karena demi kemajuan perusahaan itu sendiri, jadi proses seleksi mutlak dan harus dilaksanakan. mulai dari sleksi Administrasi-Psikotes-Interview SDM/HRD-Interview User-dan tandatangan kontrak kerja.

6). Yang saya tahu proses sleksi perekrutan karyawan itu ada 2 yang pertama insourcing dan yang kedua outsourcing. insourcing adalah perekrutan oleh instansi perusahaan terkait dan outsourcing adalah pencarian karyawan yang dilakukan oleh perusahaan lain.

Semoga bermanfaat ya,, and cepet dapet kerja yang cocok dengan anda
*Cerita ini bukanlah fiktiv belaka. Ini hanyalah hasil pengalaman yang dirasakan oleh penulis. Namun jikalau ada salah istilah atau salah-salah kata mohon dimaafkan kami membuka lebar untuk anda-anda yang lebih mengerti dari saya untuk memberikan koreksi di kolom komentar, trims,.
ehh,, satu lagi ding kalo ingin copas cantumin link nya ya,,, Viiiss..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s